Rabu, 31 Januari 2018

TEACHER IN THE LOVE



     Menjadi seorang guru di sekolah dasar itu beda dengan menjadi guru SMP/MTs/SMA/SMK, yang perlu kamu siapkan yaitu mental kuat, mental sabar, mental ikhlas, dan mental mental yang lain. Sebagai seorang guru di sekolah dasar itu mengasyikan, setiap kali bertemu anak-anak di sekolah, seakan kamu akan merasa masuk ke dalam dunianya. Dunia anak-anak yang pasti suka bermain, berlari, bernyanyi bahkan sampai berkelahi. Bagaimana kalau kamu menjadi seorang guru di sekolah dasar tetapi tidak memiliki mental mental yang disebutkan tadi, bisa-bisa kamu terserang penyakit beku hati, darah tinggi, bisa jadi kamu terkena stroke. Banyak hal yang perlu kita pahami dalam dunia anak-anak, orang yang sudah berumur tua bisa saja masih terlihat muda, fresh, bahkan aktivitasnya masih seperti anak muda. Itu karna orang tersebut selalu berfikir positif, dan yang pasti suka dunia anak, selalu tersenyum, selalu bergerak, menyanyi, menari dan sebagainya. 
             Coba kita lihat beberapa guru di sekolah taman kanak-kanak, banyak diantara mereka jarang terjangkit penyakit, apalagi sakit yang berbahaya, paling-paling demam, flu, pusing, batuk atau cuman serak karna setiap hari harus konser didepan muridnya. Bandingkan dengan guru yang diatasnya seperti SMP,SMA, bahkan perguruan tinggi (Dosen), banyak diantara mereka memiliki riwayat penyakit yang diharuskan untuk opname di rumah sakit.
               Menjadi guru di sekolah dasar juga bukan hanya mental yang perlu kita siapkan, tapi strategi atau metode bagaimana cara kita menyampaikan sebuah materi kepada anak-anak. Karna tidak bisa seorang guru sekolah dasar menyampaikan materi pembelajaran hanya dengan metode ceramah, anak-anak justru merasa kurang diperhatikan, hasilnya anak-anak ada yang ngantuk, main sendiri, lari-lari, bahkan tidak dihiraukan. Sperti yang di sampaikan di atas, kamu harus bisa masuk kedalam dunianya, setelah itu kamu baru bisa mengajak dunia mereka kedalam duniamu. Jika itu sudah bisa kamu lakukan, apapun yang kamu sampaikan insya Allah anak-anak mendengarkan dan paham.
               Siapkan saja terlebih dahulu bekal, amunisi, dan persenjataan khusus yang kuat jika kamu ingin menjadi seorang guru di sekolah dasar. Kreativitas dan inovasi juga penting jika kamu yaqin akan menjadi seorang guru di sekolah dasar. Tak usah ragu ataupun bimbang, ini semua hanyalah teoritis, belum tentu dilapangan apa yang kamu baca ini sesuai dengan apa yang kamu temukan sebenarnya. Saya katakana kembali, menjadi guru di sekolah dasar itu mengasyikan, penuh tantangan, juga ketegangan, tapi menyenangkan. Oleh karena itu, menjadi guru di sekolah dasar itu haru mengasyikan dan menyenangkan pula kepada muridnya.
             Yakinlah, niatkan karna Allah, menjadi seorang guru bukan untuk mencari sebuah penghasilan, tetapi hanya ingin beribadah kepada Allah SWT dan hanya mengharap ridho dari Allah SWT. Rezeki yang banyak ddan tidak barokah, berapapun itu pasti akan terasa kurang. Rezeki yang pas-pasan tapi barokah, insya Allah kamu akan merasakan yang berbeda, semua akan tercukupi. Karna janji Allah tidak akan pernah di ingkari, bukan begitu.

           Semoga apa yang saya tulis ini, mampu menginspirasi buat kamu yang ingin menjadi seorang guru di sekolah dasar. Mengabdilah kepada Allah SWT, bukan kepada seseorang atau ciptaan Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBADAH YANG TERTOLAK

Jangan sampai ibadah yang sudah kita kerjakan di tolak oleh Allah SWT. Agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT, klik disini agar lebih...