Jumat, 09 Februari 2018

Tanpa Perjalanan


      Perjalananlah yang membuat hidup kamu berbeda dengan orang lain, bagaimana hidupmu sekarang itulah perjalanan yang sudah kamu lakukan. Perjalanan juga yang akan membawamu kemana kamu akan melakukan sesuatu, berbeda dengan mereka yang tidak pernah sama sekali melakukan sebuah perjalanan. Ada diantara mereka yang tidak melakukan sebuah perjalanan akhirnya mereka menyesal dengan kehidupan yang mereka jalani saat ini, hidup terasa hampa, hidup menjadi tak berarti dan hidup jadi tak bermanfaat.
     Seorang petani yang setiap hari hanya melakukan perjalanan ke sawah, kehidupannya juga berbeda dengan seorang yang hanya berdiam diri di rumah, menonton televisi, mainan gadget, ngegame, apalagi hanya tiduran saja dirumah. Saaat dia menuju ke sawah, sudah banyak sekali yang dia dapatkan, dari segi kesehatannya, sosialnya, bahkan ekonimisnya juga bisa dia dapatkan.
      Seorang guru yang setiap hari melakukan perjalanan ke sekolah, dengan penuh semangat dan ikhlas untuk berjumpa dengan murid-muridnya yang siap menerima petuah-petuah dari sang guru. Mereka yakin, apa yang akan mereka peroleh akan membawa mereka pada perjalanan hidup yang abadi pada masa disaat mereka mulai mengenal apa itu arti sebuah kehidupan. Sekali lagi, hidup berarti bergerak, kalau sudah tidak ada gerakan berarti sudah tidak ada kehidupan. Seperti bumi yang kita pijak ini, jika sudah tidak lagi bergerak maka tidak ada kehidupan lagi bagi manusia.
      Sebuah lembaga, salah satunya yaitu lembaga pendidikan jika lembaga tersebut tidak pernah melakukan sebuah gerakan, maka tidak ada kehidupan di lembaga pendidikan tersebut. Bergerak identik dengan maju kedepan, sekolah yang tidak mau bergerak maka sekolah tersebut tidak akan pernah maju kedepan, baik siswanya, pendidikannya, kesejahteraan guru dan karyawaanya, bangunannya, semua stagnan atau hanya diam ditempat, lebih baik dari robot yang masih bisa bergerak karena ada yang menggerakan. Sebuah lembaga pendidikan juga bukan sebuah robot, yang bisa diatur dan digerakan se enaknya saja. Banyak didalamnya yang masih perlu pendampingan dan diperhatikan. Salah-salah jika salah menggerakan bisa jadi semuanya hilang. Mengendarai sebuah mobil juga perlu belajar dan berlatih, apalagi mengendarai sebuah lembaga. Bismillah...

                                                                                                           Bobotsari, 10 Februari 2018


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBADAH YANG TERTOLAK

Jangan sampai ibadah yang sudah kita kerjakan di tolak oleh Allah SWT. Agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT, klik disini agar lebih...