Rabu, 07 Februari 2018



             Apa yang kamu lihat dari gambar diatas ? apakah kamu melihat kelelahan disana ? apakah kamu lihat kegundahan disana ? dan apakah kamu lihat kesedihan disana ?
            Jawabannya tidak ada, kita memang tidak tahu bagaimana latar belakang seorang tukang becak yang kamu lihat, tetapi coba kamu hayati dan kamu renungkan, bagaimana jika yang ada difoto itu adalah kamu atau ayah kamu. Pernahkah kamu berfikir sejenak dan merenung akan seperti apa jika kamu atau ayah kamu yang ada disana. Ini adalah sebuah pelajaran dan tamparan keras bagi kita, sejauh mana kita sudah bersyukur dan bagaimana hidup kita sekarang. Sudah berapa banyak yang kita berikan kepada orang lain, kepada orang tua kita, jika kamu seorang guru, apa saja yang sudah kau ajarkan kepada murid-muridmu. Menjadi seorang guru itu adalah sebuah pilihan, tidak semua orang mampu menempatkan pilihan utamanya sebagai seorang guru. Selain tuntutannya yang banyak, pendapatan kamu sebagai seorang guru hanyalah mencukupi untuk kamu datang dan pulang. 
Memang terlihat berat, akan tetapi jika kamu tekuni, kamu jalani, dan kamu cintai, semua terasa ringan, apalagi jika kita berusaha untuk ikhlas dan hanya mengharap ridho Illahi. Percayalah, Allah akan memberikan rezeky dari arah yang tidak pernah kamu sangka-sangka. 
            Seperti yang dilakukan oleh tuakang becak, dia selalu sabar dan setia menunggu penumpang yang siap dia antar. Tak pernah dia membeda-bedakan penumpangnya, baik dia berbadan kecil maupun berbadan besar, dia akan tetap berusaha untuk mengantar ke tempat tujuan sang penumpang. Tidak pernah dia mengatakan berat, ringan, dekat ataupun jauh.
            Begitu juga dengan seorang guru, dia juga tidak boleh membeda-bedakan muridnya antara yang satu dengan yang lainnya, baik dia bisa baca atau belum, entah dia selalu bikin gaduh atau tenang, seorang guru dituntut kreatifitasnya dalam mendidik murid-muridnya. Jadikanlah ini sebuah tantangan, bukan menjadikan sebuah masalah. Tetap berkoordinasi, berkomunikasi dan berdo'alah, karena yang maha membolak-balikan hati manusia hanyalah Allah SWT. Lakukanlah . . . . .

                                                                                                                   Bobotsari, 8 februari 2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IBADAH YANG TERTOLAK

Jangan sampai ibadah yang sudah kita kerjakan di tolak oleh Allah SWT. Agar ibadah kita diterima oleh Allah SWT, klik disini agar lebih...